Jakarta, CNN Indonesia —
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Lembaga Pembiayaan Produk Ekspor Indonesia (LPEI) mengajak pengusaha muda BRIliaN untuk memanfaatkan teknologi Supaya bisa
UKM Indonesia dapat naik kelas dan memiliki kualitas daya saing tinggi sehingga dapat menembus pasar Produk Ekspor.
BRI melalui program Brilianpreneur berkolaborasi dengan Lembaga Pembiayaan Produk Ekspor Indonesia (LPEI) Menggelar Diskusi Berani Mendunia Road to Usaha Kecil Menengah Export Brilianpreneur 2025 bersama Komodoin.
Assistant Vice President Value Chain & Assets Product Development Division BRI, Silvi Augustia menjelaskan BRI dan LPEI berkolaborasi untuk menciptakan wadah bagi Usaha Kecil Menengah untuk Mengoptimalkan eksistensi Usaha Kecil Menengah Supaya bisa dapat dikenal lebih luas di pasar internasional melalui platform digital yang Tengah dibangun oleh LPEI. LPEI dapat Menyajikan pendampingan kepada Usaha Kecil Menengah BRI sehingga dapat Menyajikan berbagai insight yang baik untuk mengembangkan Usaha mereka.
“Melalui digital platform yang Berniat diluncurkan oleh LPEI dalam waktu dekat, diharapkan dapat Menyajikan dampak positif bagi Usaha Kecil Menengah BRI untuk naik kelas menjadi go internasional. Kolaborasi ini Bahkan menjadi salah satu bentuk dukungan BRI dalam Mendukung Indonesia Emas 20245 melalui Usaha Kecil Menengah.” kata Silvi.
Kepala Divisi SME’s Advisory Services LPEI, Lutpi Ginanjar, menjelaskan Indonesia memiliki potensi Produk Ekspor yang besar Sekalipun belum terutilisasi dengan baik dan Indonesia Saat ini Bahkan Bahkan belum memiliki cross-border B2B marketplace yang dapat Mendukung UKM mendapatkan akses pasar
dan peluang Produk Ekspor.
“Indonesia Harus terobosan baru untuk Mengoptimalkan Produk Ekspor. Saat ini Bahkan Bahkan angka Produk Ekspor UKM masih di angka 15,7 persen hal ini tergolong rendah melihat angka Produk Ekspor UKM negara tetangga seperti Singapura sebesar 41 persen dan Tiongkok sebesar 60 persen,” katanya.
Saat ini Bahkan Bahkan, UKM dan pelaku usaha berorientasi Produk Ekspor menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan untuk mengakses pasar internasional, kebutuhan perizinan Produk Ekspor yang sepenuhnya belum dipahami oleh UKM, pengetahuan logistik crossborder yang masih terbatas dan keterbatasan akses pembiayaan untuk Mengoptimalkan produksi dan kapasitas.
Untuk itu, LPEI Saat ini Bahkan Bahkan Tengah menyiapkan marketplace sebagai platform untuk mendorong UKM Indonesia untuk berani mendunia. Dalam terobosan ini, UKM dapat bertemu dengan buyer global Berkualitas dan melakukan transaksi internasional yang Berkualitas dan mudah. Platform digital ini Berniat bekerjasama dengan berbagai ekosistem Produk Ekspor dengan Menyajikan layanan pendukung bagi pelaku usaha berorientasi Produk Ekspor.
Salah satu fitur unggulan dari marketplace ini yaitu Kurasi Penjual. Kurasi Menyajikan jaminan kepada pembeli internasional bahwa penjual Pernah terjadi melalui proses pengecekan dan validasi, sehingga dapat Mengoptimalkan kepercayaan dan kredibilitas serta mengurangi risiko penipuan oleh penjual. Proses kurasi meliputi beberapa tahap mulai dari registrasi, verifikasi data, Sampai sekarang penilaian produk penjual.
Secara terpisah, Kepala ITPC Vancouver, Bapak Andri Satria Permana menyambut baik kehadiran digital platform LPEI yang Berniat diluncurkan tersebut.
“Fitur Kurasi Penjual di platform ini dapat meminimalkan risiko pembeli tertipu oleh penjual. Hal ini Menyajikan perlindungan tambahan bagi pembeli saat bertransaksi. Pembeli merasa lebih Berkualitas bertransaksi dengan penjual yang Pernah terjadi melalui proses verifikasi, karena mereka tahu bahwa penjual tersebut Pernah terjadi diverifikasi dan dianggap dapat dipercaya,” katanya.
(agt)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA