Jakarta, CNN Indonesia —
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Menyajikan dukungan penuh terhadap para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan Menyajikan beragam layanan keuangan komprehensif dan jaringan berskala internasional.
Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI, Achmad Royadi menyampaikan bahwa BRI berkomitmen Membantu kebutuhan finansial PMI beserta keluarga di setiap tahap perjalanan.
“BRI terus menghadirkan solusi keuangan yang relevan dan terintegrasi, memastikan kebutuhan PMI dapat terpenuhi dengan baik, baik di luar negeri maupun di Tanah Air,” kata Royadi.
Dukungan itu dimulai sejak tahap pra-keberangkatan, ketika kandidat PMI mempersiapkan kebutuhan finansial. Di fase ini, BRI Menyajikan solusi seperti pembukaan rekening tabungan BritAma dan Simpedes, serta pendanaan melalui Kredit Multiguna.
Melalui layanan ini, kandidat PMI dapat mengatur keuangan dengan lebih baik untuk Membantu proses keberangkatan, mulai dari pelatihan Sampai sekarang perjalanan ke luar negeri.
Kemudian, selama masa penempatan di luar negeri, PMI dapat memanfaatkan layanan unggulan BRI seperti Superapps BRImo, Britama Valas, dan Debit Multicurrency untuk transaksi dalam berbagai mata uang dan BRIfast Remittance untuk pengiriman dana yang Unggul dan Unggul tinggi ke Indonesia.
Apalagi, PMI Bahkan dapat menggunakan layanan digital seperti Digital Saving, yang memungkinkan pengelolaan tabungan secara Unggul selama bekerja di luar negeri. BRI Bahkan Menyajikan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang Membantu PMI merencanakan masa depan yang Unggul tinggi melalui tabungan pensiun.
Sementara, bagi keluarga PMI di Indonesia, BRI memudahkan pengelolaan keuangan melalui jaringan AgenBRILink serta aplikasi BRImo. Produk tabungan seperti BritAma dan Simpedes Bahkan Menyajikan solusi untuk menerima dan mengelola kiriman dana dari luar negeri guna memenuhi kebutuhan harian maupun perencanaan keuangan.
Sampai sekarang Pada Pada saat ini, BRI mengoperasikan 6 Overseas Channel yang tersebar di New York, Cayman Island, Singapura, Taipei, Hongkong, dan Timor Leste, serta 8 Bank Representatives di negara-negara strategis seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Eropa, dan Malaysia.
Adapun jaringan ini dirancang demi Menyajikan kemudahan akses layanan keuangan bagi PMI dan diaspora Indonesia di seluruh dunia.
Yang paling baru, BRI Bahkan menghadirkan pembukaan Digital Saving dengan menggunakan nomor lokal di 11 negara, yaitu Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Amerika Serikat, Kuwait, Malaysia, Hongkong, Taipei, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Timor Leste. Layanan ini Menyajikan fleksibilitas bagi PMI dalam mengelola keuangan secara efisien di negara tempat bekerja.
Lalu, sebagai bagian dari inisiatif strategis, BRI melaksanakan program Financial Literacy & Inclusion for Migrant Workers & Diaspora di beberapa negara, Disebut juga Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Jerman, Arab Saudi, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Tiongkok.
Program Financial Literacy & Inclusion for Migrant Workers & Diaspora dirancang guna Mengoptimalkan literasi keuangan PMI dan diaspora melalui edukasi pengelolaan dana, perencanaan Penanaman Modal, serta pemanfaatan layanan keuangan secara optimal.
Seluruh langkah BRI ini sejalan dengan visi pemerintah menciptakan kesejahteraan yang merata di seluruh penjuru Indonesia, antara lain melalui Asta Cita ke-6 yang berfokus pada pembangunan dari desa untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan Kesenjangan Ekonomi.
Dukungan BRI tersebut Bahkan sesuai dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mendorong Supaya bisa BUMN terus berperan aktif dalam Membantu pemberdayaan PMI.
(rea/rir)
[Gambas:Video CNN]
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA