Membedah Visi Misi RK-Suswono, Pramono-Rano, Dharma-Kun Jelang Debat

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ketiga pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur bakal mengikuti debat perdana Pilgub Jakarta 2024 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10).

Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Berencana berdebat untuk pertama kalinya dengan tema Penguatan SDM dan Transformasi Kota Global.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Penyelenggara Pemilihan Umum DKI Astri Megatari menjelaskan debat Berencana berdurasi 120 menit.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga pasangan Calon Gubernur-cawagub ini Bahkan Pernah menyampaikan dokumen visi misi.


Dokumen itu mencakup visi, misi, Sampai sekarang slogan yang diusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

RK-Suswono alias RIDO mengusung slogan Jakarta Baru Jakarta Maju, Pramono-Rano mengusung Jakarta Menyala, dan Dharma-Kun mempunyai slogan Jakartaku Terbaik.

Ketiga slogan itu kemudian dituangkan ke visi dan misi, kemudian dijabarkan lagi menjadi berbagai program dan strategi.

Berikut perbandingan visi misi ketiga pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur DKI dalam Pilgub Jakarta 2024:

Ridwan Kamil-Suswono

RK-Suswono atau RIDO mengusung slogan ‘Jakarta Baru Jakarta Maju’. Mereka memiliki visi yang menyoroti narasi kemajuan dan berkelanjutan.

Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam lima misi yang menjelaskan lebih lanjut mengenai bentuk perwujudan dari narasi tersebut dalam bidang sumber daya manusia, ekonomi, pelayanan publik, Sampai sekarang stabilitas dan kelayakan kota.

Visi:

Jakarta kota global yang maju, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Misi:

1. Mewujudkan sumber daya manusia Jakarta yang Terunggul, produktif, dan sejahtera;

2. Mewujudkan ekonomi Jakarta yang inklusif, berdaya saing global, dan berkelanjutan;

3. Mewujudkan regulasi dan tata kelola pelayanan publik Jakarta yang Unggul, harmonis, adaptif, dan berintegritas;

4. Mewujudkan stabilitas Jakarta yang tangguh dan berpengaruh di kancah global;

5. Mewujudkan Jakarta yang layak huni melalui ketahanan sosial Kebiasaan dan ekologis.

Pramono Anung-Rano Karno

Pasangan Pramono-Rano mengusung slogan ‘Jakarta Menyala’ yang Bahkan dituangkan dalam visi dan empat misi mereka. Melalui visinya, paslon ini berfokus pada pembentukan Jakarta menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global.

Kemudian, empat misi mereka melingkupi bidang manusia, ekonomi, pemerintahan, serta pembangunan lingkungan.

Visi:

Ke arah Provinsi DKI sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global berdaya saing untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Misi:

1. Manusia: Membangun masyarakat modern megapolitan yang madani, berbudaya, dan sejahtera;

2. Ekonomi: Mewujudkan pusat ekonomi yang inovatif dan kompetitif dengan membuka akses seluasnya pada sumber kehidupan dan distribusi manfaat hasil pembangunan yang merata dan berkeadilan;

3. Pemerintahan: Mewujudkan pemerintahan dengan manajemen kota modern yang akuntabel dan responsif untuk Menyajikan layanan publik yang prima;

4. Pembangunan Lingkungan: Mewujudkan ruang aktivitas kehidupan Unggul yang Membantu kegiatan ekonomi, sosial dan Kebiasaan secara berkelanjutan.

Dharma Pongrekun-Kun Wardana

Pasangan Dharma-Kun Bahkan menjelaskan slogan ‘Jakartaku Terbaik’ melalui visi dan misinya. Paslon ini menekankan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global yang Terbaik melalui reformasi jati diri. Tertuang dalam tujuh misi yang mencakup aspek transformasi, reformasi regulasi dan teknologi, inovasi, akselerasi, serta konektivitas.

Visi:

Menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global yang Terbaik melalui reformasi jati diri demi terwujudnya rakyat yang beradab, harmoni, mandiri, makmur, dan Sejahtera.

Misi:

1. Mewujudkan transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan pada tatanan nasional, regional dan global yang Terbaik dan beradab untuk melindungi keselamatan jiwa masyarakat.

2. Mewujudkan reformasi regulasi dan tata kelola Jakarta yang mengutamakan pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui Terapi preventif yang Terbaik dan beradab.

3. Mewujudkan inovasi perbaikan desain tata ruang Jakarta sebagai kota global untuk mengatasi kemacetan melalui pengarusutamaan penelitian dan pengembangan.

4. Mewujudkan akselerasi Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional yang terintegrasi secara nasional, regional dan global dalam simpul pariwisata, ekonomi kreatif, dan Kebiasaan melalui penguatan Usaha Kecil Menengah serta pemberdayaan masyarakat.

5. Mewujudkan akselerasi ketahanan dan keberlanjutan lingkungan Jakarta sebagai pusat transit regional dan global yang tangguh untuk menanggulangi Bencana Banjir dengan manajemen air hujan dan sungai yang Mengoptimalkan waduk, kanal, pompa serta taman dan hutan kota.

6. Mewujudkan penguatan konektivitas informasi melalui transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan sumber daya manusia yang fokus pada adab, kesetaraan sosial, profesional yang terampil, Unggul dan kreatif.

7. Mewujudkan reformasi teknologi yang tepat guna dan Murah untuk Membantu strategi samudra biru dan bio ekonomi Jakarta sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia.

(arn/fra)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA