Harga Langganan YouTube Premium Naik di Sebanyaknya Negara, RI Termasuk?


Jakarta, CNN Indonesia

Platform streaming video milik Google, YouTube, memutuskan untuk menaikkan harga layanan Premium mereka sebanyak 20 persen dari harga sebelumnya.

Kenaikan biaya berlangganan YouTube Preimum ini tidak hanya pada paket individu, tapi Bahkan untuk paket keluarga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir Android Authority, harga YouTube Premium di negara-negara Eropa naik menjadi 13.99 euro dari 11.99 euro untuk paket individu. Lalu untuk paket keluarga naik menjadi 25.99 euro dari 17.99 euro.

Fluktuasi Harga layanan YouTube Premium Bahkan naik di Indonesia. Harga semula YouTube Premium di Indonesia sebesar Rp59.000 naik menjadi Rp69.000 untuk paket individu.


Kemudian, biaya layanan YouTube Premium untuk paket keluarga yang semula seharga Rp99.000 naik menjadi Rp139.000.

YouTube Premium merupakan salah satu layanan berlangganan milik platform video streaming milik Google tersebut. Selain dapat menikmati video tanpa iklan, pengguna YouTube Premium Bahkan tidak Nanti akan melihat iklan banner pihak ketiga dan iklan di penelusuran.

Ditambah lagi, pengguna YouTube Premium bebas mengunduh konten video untuk diputar secara offline, serta pemutaran latar belakang video di ponsel sambil tetap mengakses aplikasi lain. 

Fluktuasi Harga ini Pernah terjadi diinformasikan oleh Google melalui e-mail kepada para pelanggan yang mengklaim Nanti akan “terus Menyediakan layanan dan fitur yang baik”.

Fluktuasi Harga ini terjadi lebih dulu di Amerika Serikat dengan harga yang semula US$11.99 menjadi US$13.99.

Bahkan, pengguna YouTube Premium di perangkat Apple mendapat Fluktuasi Harga yang lebih tajam daripada pengguna-pengguna brand non-Apple.

Salah seorang pengguna asal Swedia menceritakan harga langganan YouTube Premium di perangkat Apple naik sebesar 60 persen dari harga semula. Sekalipun keterangannya ada biaya Retribusi Negara karena membayar lewat Apple.

Sekarang dengan Fluktuasi Harga tersebut, YouTube menjadi platform streaming dengan biaya berlangganan yang paling mahal. Lebih mahal daripada Amazon Prime, Netflix, dan HBO.


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA