Komitmen Pemkab Banyuwangi Beri Layanan Unggul ke Masyarakat


Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jatim Berhasil menjadi kabupaten berkinerja Unggul di Indonesia selama dua tahun berturut-turut.

Di tengah banyaknya tantangan dan keterbatasan, Kabupaten Banyuwangi terus melakukan upaya pembenahan.

Pemkab Banyuwangi menjawab tantangan perbaikan aspek pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, e-gobernment, kerja sama daerah, Fluktuasi Harga daerah, serta pemberdayaan ekonomi rakyat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di bidang pendidikan misalnya, Pemkab Banyuwangi mencanangkan program Banyuwangi Cerdas Berkarakter, Program Akselerasi Sekolah Masyarakat (Aksara), Garda Ampuh, Sampai sekarang Siswa Asuh Sebaya.

Kemudian di bidang kesehatan ada program Banyuwangi Tanggap Stunting, Pembentukan Bengkel Sakina, serta lahir procot bawa akta.


Sementara pada bidang ekonomi rakyat, Pemkab Banyuwangi melakukan berbagai inovasi seperti Teman Usaha Rakyat, Naikkan Kelas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Warung Naik Kelas, dan Hari Belanja ke Pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Mengikuti data BPS, kenaikan angkat Kesenjangan Ekonomi di Banyuwangi selama masa pandemi 2020-2021 hanya 0,01 persen, merupakan kenaikan Kesenjangan Ekonomi terendah di Jatim.

Per 2022, lanjutnya, angka Kesenjangan Ekonomi Banyuwangi 7,5 persen, ini merupakan yang terendah dalam sejarah Banyuwangi sejak Indonesia merdeka. Kemudian pada 2023 angka Kesenjangan Ekonomi Banyuwangi kembali turun menyentuh angka 7,34 persen.

Pemkab Banyuwangi menjadi salah satu kandidat yang dinominasikan dalam CNNIndonesia Awards 2024. Ajang penghargaan ketujuh yang digelar CNNIndonesia ini Berniat berlangsung pada Rabu (25/9) di Surabaya, Jatim.

Sebelumnya ajang CNN Indonesia Awards pertama Sebelumnya digelar di Makassar, Sulsel pada Maret 2024. Dilanjutkan ajang kedua yang dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024, Semarang, Jateng, 14 Agustus 2024, serta Bandung, Jabar, 17 September 2024.

(tim/fra)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA