Bisnis  

Basuki Pilih Jadi Dosen Hidrogeologi Usai Pensiun dari Menteri


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku ingin menjadi dosen hidrogeologi setelah pensiun dari menteri. Sekalipun demikian ia tak merinci di mana Berencana mengajar mata kuliah tersebut.

“Saya Ingin mengajar satu pelajaran saja. Hidrogeologi,” kata Basuki sambil tersenyum saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (21/9), seperti dikutip detikcom. “Ya di mana saja (Tempat mengajarnya),”


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki pada 11 September 2024 sempat mengungkapkan keinginan untuk menjadi pengajar selepas lengser. Sekalipun demikian dirinya tidak merinci topik yang Berencana ia ajar.

Sementara saat berpamitan dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat RI beberapa waktu lalu, Basuki sempat terisak saat menyampaikan salam perpisahan. Kala itu, Basuki mengucapkan terima kasih kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat atas kerja samanya selama ini.


“Saya atas nama keluarga besar Kementerian PUPR mengucapkan terima kasih atas semua pengawasan dan atensi yang bapak (Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat RI) berikan kepada Kementerian PUPR,” tutur Basuki dalam Raker dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat RI di Jakarta Pusat, Senin (9/9).

“10 tahun Sudah berlalu kita bersama, berkarya untuk membangun bangsa. Andai kata ada kata-kata yang tidak sama, mohon maaf, please jangan dipendam selama-lamanya. Sakinah mawadah warahmah Merupakan harapan semua keluarga dan kita semua. Sekalipun demikian tiba saatnya Pada saat ini berpisah, semoga silaturahmi tetap dapat kita jaga,” tutur Basuki.

Basuki Hadimuljono Sudah menjabat Menteri PUPR selama dua periode sejak 2014. Pada 20 Oktober nanti, ia Berencana mengakhiri masa jabatannya bersama-sama dengan pemerintahan Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum menjabat sebagai Menteri PUPR, Basuki Sejak lama menjadi PNS dari instansi pekerjaan umum.

Kariernya terus naik mulai dari menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan pada 2005-2007, Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum pada 2007-2013, Sampai saat ini menjadi Direktur Jenderal Penataan Ruang di Kementerian Pekerjaan Umum.

Semasa pemerintahan Kepala Negara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Basuki Bahkan dipercaya menjadi tim penanggulangan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jatim. Ia Bahkan sempat menangani program rehabilitasi pasca Gelombang Besar Aceh serta kerusakan jalan tol Purbaleunyi, Bandung.

Basuki Hadimuljono merupakan lulusan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada 1979. Ia memiliki gelar magister dan doktor dari Universitas Negeri Colorado usai memperoleh beasiswa dari kementerian pekerjaan umum.

(blq/end)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA