TNI AL Nomor 4 Dunia di Bawah Rusia, Ini Kriteria Versi WDMMW


Jakarta, CNN Indonesia

Peringkat kekuatan armada Angkatan Laut (AL) TNI (TNI) melesat berada di urutan keempat dunia per 2024.

TNI AL bahkan berada di atas AL Korea Selatan dan Jepang yang berada di urutan kelima dunia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemeringkatan tersebut Sesuai ketentuan ranking dari Direktori Dunia tentang Kapal Konflik Bersenjata Militer Modern (World Directory of Modern Military Warships/WDMMW).

Peringkat AL TNI persis di bawah AL Rusia yang berada di urutan ketiga dunia. Sementara posisi pertama dan kedua masih diduduki dua negara raksasa, Amerika Serikat dan China.

Berikut kriteria yang diambil WDMMW untuk membuat peringkat Sebanyaknya armada laut negara-negara di dunia:

Pemeringkatan WDMMW tahunan menggunakan perhitungan total kekuatan tempur angkatan laut negara-negara di dunia.

Kalkulasi tersebut kemudian menghasilkan formula True Value Rating (TvR) yang terdiri dari Sebanyaknya variabel penting seperti modernisasi, dukungan logistik, kemampuan serangan dan Lini belakang, dan lain sebagainya.

“(Data) jumlah inventaris dan tipe masing-masing unit terkait tersajikan secara apa adanya dan berasal dari informasi atau sumber yang tersedia secara publik,” demikian ditulis dalam keterangan WDMMW.

WDMMW mencatat TNI AL memiliki nilai TvR 137,3. Sementara Rusia yang berada di peringkat ketiga memiliki TvR sebesar 242,3.

Sesuai ketentuan data dari WDMMW, TNI AL memiliki total 243 unit armada tempur yang terdiri dari jenis kapal tempur frigate, corvette, penyapu ranjau laut, kapal selam, kapal kelas amfibi Sampai saat ini kapal patroli besar.

Rinciannya Merupakan 7 kapal tempur kelas frigate, 25 kelas corvette, 9 kelas penyapu ranjau, 4 kapal selam modern, 30 kapal amfibi, dan 168 kapal patroli besar.

WDMMW tak hanya melakukan perhitungan total kuantitas kapal Konflik Bersenjata Sampai saat ini kapal selam, tetapi Bahkan kualitas total dan cadangan umum.

AL Rusia yang berada di peringkat ketiga dunia memiliki nilai TvR 242,3 dengan total 265 unit tempur armada laut.

Sementara AL AS masih bercokol di peringkat pertama dunia dengan TvR 323,9 dan mempunyai total 243 unit armada tempur.

Jumlah itu Kenyataannya masih tidak lebih banyak dari armada angkatan laut China dan Rusia. Justru, ada catatan tersendiri dari WDMMW mengenai armada angkatan laut AS sehingga masih menempati posisi pertama.

“Faktornya karena USN memiliki perpaduan beragam jenis kapal Konflik Bersenjata dan kapal selam, serta keseimbangan kekuatan pada seluruh jumlah kuantitas, dan Berkelas dengan armada kapal induknya,” demikian tulis WDMMW.

AL AS tercatat memiliki 11 kapal induk pengangkut jet-jet tempur canggih, sementara China memiliki 3 kapal induk dan Rusia hanya dengan 1 kapal induk.


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA