Jakarta, CNN Indonesia —
PT Toyota Astra Kendaraan Bermotor Roda Dua (TAM) mengenalkan teknologi telematika terbaru dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Teknologi ini membuat pemilik Kendaraan Pribadi bisa mengakses segala informasi lewat head unit.
“Jadi telematik Berencana lebih banyak Menyediakan fitur baru,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Kendaraan Bermotor Roda Dua Anton Jimmi, di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/7).
Toyota Menyediakan konsep fitur In-Car Wi-Fi Hotspot pada beberapa line-up mobilnya secara bertahap sampai dengan 2025. Sehingga, kendaraan dapat memancarkan jaringan internet.
Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori, Disebut juga Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui T Intouch di aplikasi mToyota, serta In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment di dalam Kendaraan Pribadi.
“Sejak beberapa tahun yang lalu kita meluncurkan T-intouch. Kemungkinan generasi pertama yang 1.0, jadi ini kita meluncurkan yang 2.0. Sekalipun demikian belum disematkan di Kendaraan Pribadi manapun tapi soon, dan tahun ini Berencana kita sematkan di Kendaraan Pribadi kita,” ujar Anton.
Anton melihat, pengguna Pada Di waktu ini tidak hanya mementingkan entertainment lebih di Kendaraan Pribadi. Seperti tidak hanya sekadar layar besar, carplay, android auto, tapi Bahkan menginginkan hal-hal lain.
“Contohnya head unit baru ini kita berikan bisa Menyediakan message Bahkan. Jadi two way communication,” ucap Ia.
Improvement pada Out-of-Car Connectivity, pelanggan Toyota dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota Bila mobilnya hilang atau dicuri orang.
Saat fitur ini aktif setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis Berencana menonaktifkan Kendaraan Pribadi pelanggan saat starter selanjutnya sehingga Kendaraan Pribadi tidak bisa dinyalakan.
Di samping itu Toyota Bahkan berencana untuk Memperjelas informasi mengenai kondisi kesehatan Kendaraan Pribadi melalui konsep fitur Vehicle Health Check melalui aplikasi mToyota.
Di dalam menu Vehicle Info pada mToyota, Toyota Menyediakan informasi aktual terkait kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.
Pada fitur In-Car Connectivity, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di Kendaraan Pribadi Bila dalam situasi darurat seperti Kendaraan Pribadi mogok atau kecelakaan.
Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem Berencana menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.
Selain head unit, Wifi Hotspot yang tersedia Bahkan dapat diakses oleh Rear Seat Entertainment (RSE) untuk penumpang belakang sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur entertainment dan productivity.
Membuka akses langsung ke layanan multimedia dari pihak ketiga pada Kendaraan Pribadi Toyota, seperti streaming channel musik, Sinema layar lebar terbaru, serta Online Karaoke seperti Smule
Sambil menikmati perjalanan, pelanggan tetap dapat terhubung dan terjaga produktivitasnya karena dapat memanfaatkan fitur online meeting seperti Zoom dan Teams.
“Ada conscius Bahkan. Kita bisa contact, pertama mengenai emergency, yang kedua tergantung masyarakat Indonesia bsa kita kembangkan untuk booking sesuatu. Kemudian streaming karena Kendaraan Pribadi-Kendaraan Pribadi ke depannya semakin punya wi-fi independen,” jelasnya lagi.
Tidak kalah penting Toyota Bahkan berencana Berencana mengembangkan fitur telematika yang bekerja sama dengan Jasa Marga. Nantinya pengguna dapat mengetahui informasi seputar kondisi di jalan tol.
“Misalnya kita Ingin jalan ke bogor, kita bisa cek dulu nih kamera-kamera yang ada di sekitar Jagorawi jalanannya seperti apa. Apalagi Bahkan bisa cek saldo, kita bisa top up Bahkan,” jelasnya lagi.
(nzl/mik)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA