Usai Gaduh 5 NU di Israel, PBNU Berniat Undang Pejabat Palestina ke RI


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan pihaknya Nanti akan mengundang pejabat dari Palestina untuk datang ke Indonesia. Hal ini sebagai bentuk dukungan PBNU terhadap rakyat Palestina.

“Dalam waktu dekat kami Nanti akan layangkan surat, PBNU mengundang salah seorang pejabat dari pemerintah Palestina untuk datang ke Indonesia,” kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (16/7), usai mengklarifikasi lima kader NU yang bertemu Kepala Negara Israel.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Yahya menyatakan PBNU Nanti akan Membantu pejabat Palestina untuk bertemu Sebanyaknya pihak. Ia berharap Nanti akan semakin banyak pihak yang Membantu Palestina.

“PBNU Nanti akan Membantu sebagai tuan rumah untuk melakukan engagement di Indonesia ini dengan berbagai pihak untuk bersama-sama menggalang upaya bersama dalam Membantu rakyat Palestina Ke arah jalan keluar dalam masalah yang dihadapi Pada saat ini Bahkan,” ujarnya.

Ia pun menegaskan PBNU tidak membuka hubungan dengan Israel. Gus Yahya kembali menekankan bahwa pertemuan lima Nahdliyin dengan Kepala Negara Israel tidak mengatasnamakan organisasi.

“Kami tidak Nanti akan melakukan engagement, tidak melakukan hubungan apapun dengan pihak manapun terkait Israel dan Palestina. Kecuali untuk tujuan Membantu rakyat Palestina. Tidak boleh ada tujuan lain,” ucap Ia.

Rencana ini diutarakan setelah publik dibuat gaduh pertemuan lima nahdliyin dengan Kepala Negara Israel Isaac Herzog. Foto pertemuan itu beredar di media sosial dan menuai kecaman luas dari publik.

Kelima nahdliyin itu Merupakan Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania. Belum jelas kapan pertemuan tersebut terjadi.

Adapun pemerintah Indonesia Pernah terjadi menegaskan sikap Membantu rakyat Palestina. Sampai Pada Pada saat ini, Indonesia tak membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

(yla/tsa)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA